JDIH BPK Menyelenggarakan Workshop JDIH BPK Tahun 2023

Selasa, 04 Juli 2023

Upaya peningkatan layanan dokumentasi dan informasi hukum oleh Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di lingkungan BPK dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya melalui workshop yang diikuti oleh pengelola JDIH BPK. Bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK pada tanggal 4 Juli 2023, Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Ditama Binbangkum) menyelenggarakan Workshop JDIH BPK Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid meeting tersebut, mengambil tema “JDIH BPK Berkualitas dan Kompeten Mendukung Tugas Pemeriksaan BPK dan Layanan Publik di Era Digital”. Acara dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, dan menghadirkan narasumber Nofli selaku Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham, Akhmad Saeho selaku Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Sulistyo selaku Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN, dan Pranoto selaku Kepala Biro Teknologi Informasi BPK.

Kepala Ditama Binbangkum, Akhmad Anang Hernady dalam pidato laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan workshop merupakan pertemuan berkala yang diselenggarakan oleh Ditama Binbangkum dengan melibatkan unit jaringan pada 34 BPK Perwakilan. Lebih lanjut Kepala Ditama Binbangkum mengatakan bahwa kegiatan Workshop JDIH BPK, kiranya menjadi acara yang bermanfaat bagi Pelaksana BPK, guna meningkatkan peran Pengelola JDIH BPK sebagai bagian yang penting dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pemeriksaan BPK.

Pada acara workshop JDIH diumumkan juga pemberian JDIH BPK Award kepada pengelola Unit JDIH BPK Perwakilan. Terdapat tiga kategori pada pemberian JDIH BPK Award, yaitu kategori Penyusun Tulisan Hukum Terbaik, Pengelola Database Peraturan BPK Terbaik, dan Pengelola UJDIH BPK Perwakilan Terbaik. Untuk kategori Penyusun Tulisan Hukum Terbaik Pertama adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Riau, Terbaik Kedua adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Aceh dan Terbaik Ketiga adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk kategori Pengelola Database Terbaik Pertama adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo, Terbaik Kedua adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Terbaik Ketiga adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan untuk kategori Pengelola UJDIH Terbaik Pertama adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Terbaik Kedua adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo dan Terbaik Ketiga adalah UJDIH BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain pemberian Award kepada pengelola UJDIH BPK Perwakilan, dalam acara workshop juga dilakukan launching 4 inovasi Ditama Binbangkum, dimana 3 diantara inovasi tersebut merupakan inovasi JDIH BPK, yaitu JDIH BPK Mobile yang dapat diunduh melalui IOS maupun Android, JDIH Corner dan New Website Database Peraturan BPK.

Kegiatan launching 3 inovasi JDIH BPK merupakan langkah konkret Ditama Binbangkum yang didukung penuh oleh Wakil ketua BPK dalam meningkatkan peran JDIH BPK sebagai pusat informasi hukum terkini dan terlengkap dengan berbagai kemudahan akses.

Berita