Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) BPK Pusat kembali menyelenggarakan Workshop bagi para pengelola Unit Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (UJDIH) dari 34 BPK Perwakilan selama dua hari, pada tanggal 24 dan 25 Juni 2019. Workshop UJDIH kali ini merupakan Workshop kedelapan sejak tahun 2012. Workshop UJDIH menjadi forum pertemuan tahunan untuk diskusi, tukar menukar informasi, dan transfer pengetahuan terkait dengan penyusunan dan pengelolaan informasi hukum.

Pada Workshop kali ini, BPK mengambil tema Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Menuju Era Industri 4.0. Tema tersebut relevan dengan perubahan zaman saat ini yang telah memasuki Revolusi Industri 4.0. Dalam laporan pembukaannya, Plt Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum BPK, Akhmad Anang Hernady menyampaikan bahwa perkembangan zaman tidak bisa dilawan, tetapi para pegawai BPK-lah yang harus menyesuaikan diri dengan zaman. Melalui Workshop UJDIH, Akhmad Anang berharap terwujudnya optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi bidang hukum pada Sub Bagian Hukum BPK Perwakilan dan terdapat penyamaan persepsi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok pemeriksaan BPK. Beliau juga berharap UJDIH BPK Perwakilan menjadi penyedia informasi yang benar, tepat dan akurat pada BPK Perwakilan masing-masing.

Acara Workshop dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Prof. Bahrullah Akbar. Dalam pembukaannya, Wakil Ketua BPK mengingatkan bahwa  pada era revolusi industri 4.0, kemajuan teknologi telah mengubah cara orang-orang di era digital berinteraksi dengan hukum. Kondisi ini tidak hanya memaksa regulator untuk mengubah pendekatannya, namun para profesional hukum, termasuk pegawai BPK pun harus segera beradaptasi. Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPK juga memberikan penghargaan kepada tiga Pengelola UJDIH Terbaik, yaitu BPK Perwakilan Kalimantan Selatan, BPK Perwakilan Sulawesi Tengah, dan BPK Perwakilan Jawa Timur.

Bertindak sebagai narasumber pada Workshop tersebut Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Yasmon, MLS yang memaparkan materi mengenai Informasi Hukum di Era Digital Menuju Era Industri 4.0; Trainer Literasi Informasi, Dhama Gustiar Baskoro, yang memaparkan materi mengenai Peningkatan Kompetensi Literasi Informasi dan Pengelolaan Informasi Digital dalam Menyongsong Era Industri 4.0; Ratu Ayu Primiputri selaku motivator dengan tema ”Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas Untuk BPK yang Lebih Baik”; serta Yanuar Andriyana dari Kementerian Dalam Negeri yang memaparkan materi mengenai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pada akhir acara, Rudy Hermawan dari Biro Teknologi Informasi BPK dan Herny Yanuarni  dari Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum BPK melakukan evaluasi tahunan atas kinerja Pengelola UJDIH. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perbaikan dalam pengelolaan UJDIH BPK, dengan jumlah pengunjung website sekitar 10.000 orang per hari.

Categories: Berita