Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperoleh penghargaan JDIH Nasional (JDIHN) Award Tahun 2019 sebagai Anggota JDIHN Terbaik I Tahun 2019 tingkat Lembaga Negara. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly diterima oleh Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Ditama Binbangkum) BPK, Blucer W Rajagukguk dalam acara Rapat Koordinasi JDIHN 2019 di Swiss-Belhotel Jakarta pada Selasa (10/09/2019).

Menteri Hukum dan HAM, menyampaikan, JDIHN Award ini merupakan wujud perhatian pemerintah untuk anggota JDIHN. Penghargaan ini diberikan kepada instansi yang dinilai telah melakukan pengelolaan JDIH dengan kinerja terbaik dan melakukan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan dokumen dan informasi hukum kepada masyarakat. Penghargaan ini diberikan selain sebagai bentuk apresiasi atas kesungguhan dalam pengelolaan dokumen dan informasi hukum di instansi masing-masing, juga sebagai upaya untuk memacu percepatan terwujudnya basis data dokumen dan informasi hukum nasional.

Selain kategori Lembaga Negara, JDIHN Award Tahun 2019 juga diberikan kepada instansi-instansi lain dengan berbagai kategori. Penerima JDIHN Award Tahun 2019 juga diberikan kepada JDIH Kementerian Keuangan (Kategori Kementerian), JDIH Badan Informasi Geospasial (Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian), dan JDIH Komisi Pemilihan Umum (Kategori Lembaga Non Struktural).

Selanjutnya penghargaan JDIH Award Tahun 2019 diberikan pula pada JDIH Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Kategori Pemerintah Provinsi dengan jumlah anggota JDIHN > 30 Anggota), JDIH Pemerintah Provinsi Bali (Kategori Pemerintah Provinsi dengan jumlah anggota JDIHN < 30 Anggota), JDIH Pemerintah Kabupaten Tuban (Kategori Pemerintah Kabupaten), Pemerintah Kota Sukabumi (Kategori Pemerintah Kota), JDIH Sekretariat DPRD Kabupaten Bungo (Kategori Sekretarat DPRD), dan JDIH Universitas Pamulang (Kategori Perpustakaan Hukum).

Dalam acara Rapat Koordinasi tersebut, juga di isi dengan kegiatan lain yaitu berupa JDIHN expo dan paparan best practices sharing antara Anggota JDIHN penerima penghargaan JDIHN Award Tahun 2019. Herny Yanuarni selaku Plt. Kepala Direktorat Legislasi, Pengembangan, dan Bantuan Hukum Ditama Binbangkum BPK sebagai salah satu pembicara paparan best practices sharing menyatakan bahwa masing-masing penerima penghargaan JDIHN Award memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam pengelolaan JDIH di instansinya. Begitu juga dengan pengelolaan JDIH di lingkungan BPK.

JDIH di lingkungan BPK mempunyai kekhasan berupa adanya sinergitas antara JDIH BPK Pusat dan JDIH pada 34 BPK Perwakilan di seluruh Indonesia. JDIH BPK selain mengelola peraturan perundang-undangan juga mengelola informasi hukum, antara lain berupa tulisan hukum dan catatan berita yang memberikan nilai tambah dalam pengayaan pemberian informasi hukum kepada masyarakat.

Categories: Berita