Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Kaditama Binbangkum) BPK, Nizam Burhanuddin melakukan rapat pembinaan terkait pelaksanaan tugas Pelaksana BPK di lingkungan Ditama Binbangkum dan sosialisasi aplikasi Whistle Blowing System (WBS). Bertempat di Ruang rapat Kaditama Binbangkum, rapat pembinaan dan sosialisasi diikuti oleh para pejabat struktural di lingkungan Ditama Binbangkum pada Senin, 8 Oktober 2018.

Sosialisasi aplikasi WBS ini merupakan kelanjutan launching aplikasi WBS yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Ketua BPK pada Juni 2017. WBS ini merupakan sistem aplikasi yang disediakan oleh BPK bagi yang mempunyai informasi dan ingin melaporkan tentang adanya dugaan perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan, melanggar standar, melanggar kode etik, dan melanggar kebijakan yang terjadi di lingkungan BPK.

Agar dapat segera ditindaklanjuti pengaduan yang disampaikan hendaknya memperhatikan unsur 4W dan 1H, Unsur 4W dan 1H tersebut yaitu What: bentuk perbuatan yang diduga berindikasi pelanggaran yang diketahui, Where: dimana perbuatan dilakukan, When: kapan perbuatan dilakukan, Who: siapa yang terlibat dalam perbuatan tersebut, dan How: bagaimana perbuatan tersebut dilakukan.

Categories: Berita