Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di lingkungan BPK, JDIH BPK Pusat dalam hal ini Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Ditama Binbangkum) telah menyelenggarakan kegiatan Workshop JDIH BPK yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Forum Group Discussion Unit Kerja Bidang Hukum BPK Tahun 2020 pada hari Senin tanggal 12 Oktober 2020. Workshop JDIH BPK merupakan pertemuan  tahunan dalam rangka forum diskusi, tukar menukar informasi, dan transfer pengetahuan yang diselenggarakan oleh JDIH BPK Pusat dengan peserta Unit Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (UJDIH) BPK dari 34 BPK Perwakilan.

Workshop UJDIH tahun 2020 ini merupakan pertemuan yang kesembilan sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Kegiatan ini diselenggarakan melalui media virtual meeting dengan mengambil tema Optimalisasi  Pengelolaan Website Database Peraturan.bpk.go.id dalam Rangka Pemberian Informasi Hukum untuk Mendukung Pemeriksaan BPK dan Pemenuhan Indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Dr. Agus Joko Pramono, M.ACC., AK., CA., CSFA. CPA yang mengingatkan kepada Pengelola JDIH BPK agar Ditama Binbangkum dan BPK Perwakilan mampu memainkan perannya dalam meningkatkan keterpaduan dan efisiensi SPBE dalam membantu menjalankan tugas BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara berintegritas, independen, dan profesional.

Terdapat empat narasumber dalam workshop ini. Narasumber pertama yaitu Yasmon selaku Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM yang menyampaikan materi mengenai Tantangan Pengelolaan Dokumentasi Hukum dan Upaya Meningkatkan Layanan Informasi Hukum di Masa Pandemi Covid-19 dalam Rangka Mendukung SPBE dan Reformasi Birokrasi. Kemudian Narasumber yang kedua yaitu Dwi Kardono selaku Direktur Proteksi Pemerintah dari Badan Sandi dan Siber Nasional yang menyampaikan materi mengenai Proteksi dalam Pengelolaan Dokumen Hukum Berbasis Elektronik dalam Mendukung SPBE serta Aspek Keamanan Penggunan Dokumen Elektronik.

Selanjutnya narasumber ketiga yaitu Blucer W Rajagukguk selaku Kaditama Binbangkum BPK yang menyampaikan materi mengenai Optimalisasi Peran Ditama Binbangkum dan Subbagian Hukum BPK Perwakilan Dalam Rangka Pemberian Informasi Hukum Untuk Mendukung Pemeriksaan BPK dan Pemenuhan Indikator SPBE BPK. Narasumber terakhir yaitu Novis Pramantyabudi selaku Plt Biro Teknologi Informasi BPK yang menyampaikan materi mengenai Pengembangan dan Implementasi Teknologi Informasi Dalam Mendukung Optimalisasi JDIH. Pada acara workshop tersebut, juga diberikan penghargaan kepada Pengelola UJDIH BPK Perwakilan Terbaik tahun 2019 kepada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Categories: Berita