Menampilkan 1771 data

onteigening

pencabutan hak milik, penyitaan atas suatu hak kebendaan.

onrechtmatig

bertentangan dengan hukum.

onrechtmatige daad

perbuatan yang bertentangan dengan hukum.

onrechtmatige overheidsdaad

perbuatan melawan hukum oleh penguasa; penguasa dapat melakukan perbuatan melawan hukum apabila dalam melaksanakan tugas pemerintahan terbukti telah: (1) menyalahgunakan wewenang untuk tujuan lai daripada yang seharusnya, (2) menyalahgunakan kekuasaan, (3) menyalahgunakan hak.

open bid/lelang terbuka

suatu penawaran terbuka atau undangan lelang biasanya berupa tawaran untuk membangun suatu proyek, dalam hal para peminat harus bersaing untuk memenangkan persaingan itu.

open market credit

pasar kredit terbuka.

open market rate

tingkat bunga pasar terbuka.

open policy

polis terbuka.

open price term/kondisi harga terbuka

suatu perjanjian jual-beli dalam hal para pihak setuju untuk tidak menentukan harga barang secara pasti, atau harga barang dibiarkan terbuka.

open staande post

pos terbuka.

open-end contract/kontrak terbuka

suatu perjanjian dalam hal pembeli dibolehkan untuk melakukan pembelian setelah melampaui batas waktu tertentu tanpa perubahan harga atau persyaratannya.

open-end credit

kredit terbuka.

open-end lease/sewa guna berbuka

jenis sewa guna usaha dalam hal mana pihak peminjam (lesi) berhak memilih untuk memiliki obyek sewa guna usaha yang bersangkutan dengan syarat ia harus membayar sejumlah uang tambahan berdasarkan nilai atau harga obyek sewa guna saat hendak dikembalikan kepada pemilik (lesor).

open-ended credit

fasilitas kredit nirtenggat.

operating assets

harta usaha.

operating expenses

biaya operasional.

operating revenues

dapat - pendapatan operasional.

operational risk

risiko operasional.

opini

pernyataan profesional adalah kesimpulan pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan; Pernyataan atau pendapat professional yang merupakan kesimpulan pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada kriteria (1) kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, (2) kecukupan pengungkapan (Adequate Disclosures), (3) kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan (4) efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

opini pernyataan menolak memberikan opini (disclaimer of opinion)

Pemeriksa tidak menyatakan pendapat atas laporan keuangan, karena bukti pemeriksaan tidak cukup untuk membuat kesimpulan.