Menampilkan 1771 data

void contract

kontrak yang batal demi hukum. Perjanjian yang tidak mempunyai kekuatan dan akibat hukum apa pun karena tidak sah atau tidak memenuhi unsur objektif untuk sahnya suatu perjanjian [vide: Pasal 1320 KUHPerdata].

void for vagueness

batal demi hukum karena ketidakjelasan, prinsip hukum yang menyatakan bahwa suatu produk perundang-undangan yang isinya tidak jelas dan menyalahi prosedur pengundangan, dinyatakan batal demi hukum.

void on its face

batal demi hukum cacat. Suatu dokumen hukum menjadi batal demi hukum karena secara formal terdapat cacat hukum.

voidable/dapat dibatalkan

kontrak yang dapat dibatalkan oleh siapa saja dari kedua belah pihak setelah ditandatangani, karena terjadinya penipuan, tidak kompeten, atau adanya ketidakabsahan lain, atau karena berlakunya suatu right of rescission; suatu dokumen hukum yang dapat dinyatakan batal oleh hakim atas permintaan salah satu pihak yang membuatnya berdasarkan sebab-sebab tertentu yang diatur oleh undang-undang.

voidable contract

kontrak yang dapat dibatalkan. Perjanjian yang dapat dinyatakan batal oleh hakim karena permintaan salah satu pihak dengan alasan bahwa perjanjian tersebut tidak memenuhi unsur subjektif untuk sahya suatu perjanjian [vide: Pasal 1320 KUHPerdata].

voidable preference

preferensi yang dapat dibatalkan. Pengalihan kekayaan oleh orang yang berada dalam situasi tidak mampu memenuhi kewajibannya membayar utang, kepada kreditur yang sekelas secara diskriminatif, dapat dinyatakan batal oleh hakim.

volleding bewijs

mempunyai kekuatan pembuktian yang sempurna.

volmacht

kuasa/surat kuasa penuh.

volmachtgever

pemberi kuasa.

volmachtheber

yang diberi kuasa, pihak yang diberi kuasa.

vonnis/vonis

keputusan hakim, surat keputusan pengadilan.

voogdij

perwalian.

voorschot

uang muka, porsekot, panjar; pemberian uang sebagai tanda jadi atau pengikat.

voting right

hak suara. hak pemegang saham untuk mengeluarkan suara dalam rapat umum pemegang saham suatu perusahaan.

votum

keputusan dari suara terbanyak.

vrijspraak

putusan hakim yang mengandung pembebasan si tertuduh, karena ternyata si tertuduh tidak terbukti tentang apa yang dituduhkan kepadanya.

vuipand

gadaikan barang-barang bergerak.

waarmerking

pendaftaran akta-akta di bawah tangan pada notaris atau pejabat-pejabat tertentu untuk mengesahkan isi dan tanda tangan/sidik jari si pembuat akta tersebut.

waive

melepaskan, memutuskan, membuang, menyerahkan hak atas atau tuntutan secara sukarela.

waiver

orang yang melepaskan haknya.