Menampilkan 1771 data

yield/hasil serahan

umum: laba atas investasi modal seorang investor; obligasi: 1. kupon suku bunga dibagi harga beli, dinamakan hasil serahan investasi, 2. tingkat pendapatan atas suatu obligasi dengan memperhitungkan jumlah total pembayaran bunga tahunan, harga beli, nilai tebus, dan sisa waktu sampai jatuh tempo; peminjaman: jumlah uang total yang diperoleh atas suatu pinjaman – yaitu tingkat persentase tahunan bunga dikalikan lamanya pinjaman; saham: persentase tingkat pendapatan yang dibayarkan sebagai deviden atas saham biasa atau saham preferen; perpajakan: jumlah pemasukan yang diterima oleh suatu satuan usaha pemerintah sebagai hasil pemungutan pajak.

yurisdiksi

kekuasaan, hak atau wewenang untuk menetapkan hukum. bila dihubungkan dengan ajaran trias politica, yuridiksi mencakup kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

yurisprudensi

suatu keputusan hakim yang terdahulu yang diikuti oleh hakim-hakim lainnya dalam perkaranya yang sama.

yurisprudensi (Hukum Administrasi Negara)

ajaran hukum yang tersusun dari dan dalam peradilan, yang kemudian dipakai sebagai landasan hukum.

zaak

barang, perkara, masalah, urusan.

zaaksvorming/pembentukan benda

cara memperoleh hak milik dengan cara membentuk atau menjadikan benda yang sudah ada menjadi benda yang baru.

zaakwarneming (1354 KUHPerdata)

1. suatu perbuatan dimana seseorang dengan sukarela dan tanpa mendapat perintah, mengurus kepentingan (urusan) orang lain, dengan atau tanpa sepengetahuan orang ini; 2. mengambil alih tanggung jawab dari seseorang sampai yang bersangkutan sanggup lagi untuk mengurus dirinya sendiri.

zadelijk lichaam

perhimpunan, perkumpulan.

zakelijke overeenkomst

suatu persetujuan lagi (tahap kedua) antara penjual dan pembeli yang khusus bertujuan memindahkan hak milik dari penjual kepada pembeli.

zakenrecht/hukum benda

keseluruhan dari kaidah-kaidah hukum yang mengatur hubungan-hubungan hukum antara subjek hukum dengan benda dan hak kebendaan.

zelfbestuur

swapraja, pemerintahan sendiri; kekuasaan yang diberikan oleh pemerintahan pusat kepada suatu daerah untuk mengurus sendiri rumah tangganya (hak otonom).

zero-base budgeting/ZBB/penganggaran dasar nol

metode penetapan anggaran untuk perseroan dan jawatan pemerintah yang memerlukan adanya pembenaran untuk semua pengeluaran, tidak saja pengeluaran yang melebihi alokasi tahun-tahun lalu.

zero-coupon convertible security/sekuritas konvertibel kupon nol

1. obligasi kupon nol yang dapat dikonversikan menjadi saham biasa perusahaan yang menerbitkannya, bila saham mencapai suatu harga yang sudah ditentukan terlebih dahulu; 2. obligasi kupon nol, biasanya suatu obligasi pemerintah daerah, yang dapat dikonversikan menjadi obligasi berbunga pada suatu saat sebelum jatuh tempo.

zero-coupon security (sekuritas kupon nol)

sekuritas yang tidak membayar bunga berkala tetapi sebaliknya dijual pada diskonto besar dari nilai unjuknya.

zona nilai tanah

zona geografis yang terdiri dari sekelompok objek pajak (properti) yang mempunyai nilai indikasi rata-rata (nir) sama yang dibatasi oleh batas penguasaan/pemilikan objek pajak dalam satu wilayah administrasi pemerintahan desa atau kelurahan.

zone

lingkungan, daerah dalam batasan-batasan tertentu.

zoning

wilayah untuk mendirikan bangunan yang direncanakan oleh balai kota.

zuivering

pembersihan dari beban hipotik.

zweren

bersumpah, mengangkat sumpah.

zwijgrecht

hak menolak memberi keterangan.