Menampilkan 1771 data

wetboek

kitab undang-undang.

wetboek van koophandel

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang.

wetboek van strafrecht

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

wettelijk

menurut undang-undang, sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

wewenang hukum publik

wewenang untuk menimbulkan akibat-akibat hukum yang sifatnya hukum publik, seperti mengeluarkan aturan-aturan, mengambil keputusan-keputusan, atau menetapkan suatu rencana dengan akibat-akibat hukum.

wewenang mutlak/kompentensi absolut

wewenang badan pengadilan dalam memeriksa jenis perkara tertentu yang secara mutlak tidak dapat diperiksa oleh badan pengadilan lain, baik dalam lingkungan peradilan yang sama (PN, PT) maupun dalam lingkungan peradilan lain (PN, PA).

wewenang nisbi/kompetensi relatif

wewenang hakim berkaitan dengan wilayah hukum suatu pengadilan.

wind up/penutupan perusahaan

tindakan penghentian, penutupan dan pembekuan semua usaha dan kekayaan perusahaan dalam kaitannya dengan likuidasi.

window dressing/penyelimutan data/penyembunyian data

1. tindakan penyusunan laporan keuangan sedemikan serupa sehingga hal-hal yang kurang baik mengenai perusahaan yang bersangkutan disembunyikan, sehingga menimbulkan kesan bahwa keuangan perusahaan tersebut dalam keadaan lebih baik daripada kenyataannya; pengaturan pameran dalam etalase toko yang menarik dan menyenangkan dengan maksud untuk memperdayakan konsumen; 2. kegiatan perdagangan pada akhir triwulan atau tahun fiskal yang dirancang untuk menghias suatu portepel untuk disajikan kepada pelanggan atau pemegang saham; 3. tipuan akuntansi yang dirancang supaya suatu laporan keuangan menunjukkan kondisi yang lebih baik daripada yang sebenarnya ada, tindakan mengelabui masyarakat yang pada umumnya berupa kegiatan untuk menciptakan informasi yang tak benar (fraudulent misrepentation) sehingga korporasi seolah-olah memiliki kemampuan yang baik dan tangguh.

without recourse

tanpa tuntutan. dalam transaksi surat berharga berarti endosemen yang dilakukan oleh seorang endosan yang tidak bertanggung jawab atas pemenuhan kewajiban pembayaran oleh pihak yang tertarik; perjanjian jual beli yang menyaratkan bahwa pembeli menerima semua resiko yang timbul dari transaksi dan melepaskan semua hak untuk menuntut penjual.

witness

saksi.

writer

advokat, ahli hukum.

written proof

surat pembuktian.

X. D.

ex dividend, tanpa laba perseroan.

X. I.

ex interest, tanpa bunga.

xenogratie

pemerintahan dalam suatu negara yang dilakukan atau dipegang oleh orang asing.

yayasan

badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

year end

tanggal penutupan tahun buku suatu perusahaan dengan demikian perusahaan tersebut harus menyiapkan neraca laporan tahunannya.

year end dividend

dividen tahun buku. dividen ekstra yang dibayarkan pada akhir tahun buku di samping dividen biasa.

yellow dog contract

perjanjian antara buruh dan majikan yang menguntungkan pihak majikan.