Menampilkan 1771 data

warrantor

orang yang memberi kuasa.

warranty

pernyataan dalam kontrak bahwa jika satu pihak dirugikan akan mengadukan ke pengadilan.

wasiat (will)

pesanan dari seseorang untuk menyisihkan sebagian dari harta bendanya untuk orang yang ditentukannya dan pelaksanaannya terjadi sesudah ia meninggal dunia; pernyataan tertulis mengenai kehendak seseorang tentang sesuatu yang harus dilakukan terhadap harta bendanya setelah ia meninggal dunia.

wawancara

usaha/kegiatan untuk memperoleh keterangan dari orang yang memiliki atau diduga memiliki keterangan, tujuan wawancara adalah mengumpulkan informasi yang penting bagi pemeriksaan investigatif dan mengenai perilaku dari orang yang diwawancarai.

way bill

dokumen pelayaran yang menyatakan muatan barang atau penumpang.

welfare state

kesejahteraan rakyat yang diusahakan oleh negara : kesehatan, pendidikan, perumahan, dan sebagainya.

wesel antisipasi/anticipated acceptance

wesel yang dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran.

wesel atas unjuk/sight draft

wesel yang segera dapat dibayarkan pada saat diajukan; wesel ini digunakan jika penjual ingin tetap memegang kendali atas barang yang sedang dikirim kepada importir atau eksportir, baik untuk alasan kredit maupun untuk tetap menguasai hak kepemilikan atas barang; pembayaran dilakukan pada saat wesel diunjukkan (disajikan) atau pada saat dokumen yang telah lengkap disajikan, atau dalam masa tenggang tertentu.

wesel bank/bank draft

wesel yang diterbitkan oleh bank dalam rangka penjualan tagihan oleh bank kepada Bank Indonesia.

wesel bayar/note payable

janji tertulis tanpa syarat yang ditandatangani oleh seseorang untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal yang telah ditetapkan dalam surat wesel tersebut.

wesel berjangka/usance draft

surat wesel dengan syarat pembayaran pada tanggal tertentu, beberapa hari setelah ditandatangani atau beberapa hari setelah diunjukkan.

wesel dagang/trade acceptance

wesel yang ditarik oleh penjual, yang diaksep oleh pembeli.

wesel dolar/dollar exchange

surat aksep dan wesel yang diterbitkan di suatu negara, tetapi dibayarkan di Amerika Serikat atau negara lain dalam valuta dollar AS atau diterbitkan di Amerika Serikat, tetapi dibayarkan di negara lain dalam valuta dollar AS.

wesel domisili

wesel yang harus dibayar di tempat kediaman seseorang pihak ketiga, jadi bukan pada tempat kediaman si tertarik.

wesel ekspor

surat tagihan dari eksportir kepada importir.

wesel jangka panjang/long-dated paper

wesel yang berjangka waktu minimum tiga puluh hari; biasanya, wesel jangka panjang ini ditarik antara enam puluh hingga sembilan puluh hari setelah ditunjukkan; untuk perdagangan yang memerlukan waktu pengapalan yang cukup lama, wesel ini biasanya ditarik antara empat hingga enam bulan setelah ditunjukkan.

wesel mutu tinggi/gilt edged

surat wesel yang memiliki kualitas atau mutu tinggi karena bonafiditas penarik, pengaksep, dan endosannya.

wesel tagih/reimbursement draft/bills for collection

wesel yang diterima bank dan nasabahnya untuk ditagihkan melalul bank koresponden luar negeri dan/atau dalam negeri; dikirim oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan perintah untuk membayar sejumlah tertentu seperti yang tertera dalam wesel tersebut (contoh bill of exchange, cek, postal orders) atas suatu transaksi.

wesel tagih keluar/out bills of collection/bills remitted

wesel tagih yang untuk pencairannya akan ditagihkan melalui kantor cabangnya atau melalui bank lain.

wet

suatu peraturan perundang-undangan yang dibentuk di negeri belanda, oleh regering dan staten generaal bersama-sama (gezamenlijk) dengan nasihat (advices) dari raad van state; undang-undang.