Menampilkan 1771 data

rasio harga terhadap pendapatan/price earning ratio

rasio harga suatu saham terhadap pendapatan per saham; perhitungan rasio ini menggunakan data pendapatan yang dilaporkan pada tahun terakhir atau penghasilan yang diproyeksikan untuk tahun yang akan datang.

rasio jumlah modal/total capital ratio

modal inti ditambah modal pelengkap dibagi rata-rata total aset.

rasio kas/cash ratio

perbandingan antara jumlah kas yang dimiliki oleh perusahaan dan jumlah kewajiban yang segera dapat ditagih; rasio ini digunakan untuk menilai tingkat likuiditas perusahaan.

realestat/real estate/real property/real things

1. tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar; 2. harta tak bergerak, tanah dan rumah.

realisasi

penggunaan secara nyata anggaran pemerintah yang telah diotorisasikan selama satu tahun fiskal untuk membayar hutang dan belanja dalam periode yang telah ditentukan. misalnya, realisasi anggaran.

reasuransi/pertanggungan ulang/reinsurance

1. suatu cara bagaimana pihak/penanggung pertama yang menanggung berbagai resiko dari tertanggung asli, mengalihkan atau menyebarkannya kembali kepada pihak lain dalam hal ini perusahaan-perusahaan reasuransi; 2. pertanggungan ulang sebagian atau seluruh risiko dari perusahaan asuransi kepada perusahaan asuransi lainnya berdasarkan perjanjian.

rebuc sic stantibus

1. doktrin hukum yang menegaskan bahwa jika menurut suatu perjanjian yang dibuat ternyata telah secara mendasar, maka perjanjian tersebut dapat dikatakan tidak berlaku lagi; 2. pada segi permasalahan; 3. Hukum Internasional: sesuatu masalah yang berakhir dengan perdamaian atau kesepakatan karena hal ihwalnya berubah.

recall

orang yang mencabut kontraknya dengan orang lain.

reception

pengembalian orang yang ditahan atau barang yang disita.

recapture

penerimaan kembali barang yang disita, pembayaran kelebihan pajak.

recapture clause

suatu klausula yang akan memberlakukan kembali hak dan kewajiban yang tercantum dalam perjanjian utang-piutang sebelum dilakukannya rescheduling atau restrukturisasi ulang.

receiver

pejabat kehakiman yang ditunjuk untuk memegang dan menguasai harta tetap dalam perkara, sebelum ada vonis.

recipient's tax

pajak pendapatan.

reciprocity/reciprositas

suatu keadaan timbal balik, biasanya berlaku dalam hubungan hukum ekonomi antar dua Negara dimana bila salah satu negara tersebut memberikan hak-hak istimewa terhadap warga negara dari negara lainnya, maka negara yang disebut terakhir ini juga harus memberikan hak-hak istimewa serupa.

recision

hak membatalkan kontrak karena kesalahan pihak partai lain.

reclaim

gugat balik, gugat ulang.

recognition

pernyataan, pengesahan, penegasan.

recognizance

acknowledgement atau pengakuan di muka sidang pengadilan.

recompense

membayar ganti rugi.

recordare

surat keputusan damai dari pengadilan perdata.