Menampilkan 1771 data

recording of conditional sale contract

pembuatan kontrak jual-beli.

recourse/tuntutan/gugatan

dalam transaksi surat berharga berarti hak seorang pemegangnya untuk menuntut tanggung jawab pihak endosan sebelumnya atas pemenuhan kewajiban pembayaran surat tersebut apabila pihak penarik dan tertarik menolak membayar.

red clause letter of credit/surat kredit bertanda merah

1. surat kredit yang diberi tanda silang berwarna merah yang artinya importir memberi hak kepada eksportir untuk menarik uang muka dari kredit yang tersedia sehingga memungkinkannya membeli barang yang akan diekspornya; 2. letter of credit biasa yang secara fisik diberikan garis merah pada kertas letter of credit pada pojok kiri atas.

reddendum

serah terima.

redemptio operis

perjanjian kontrak kerja.

redemption

uang tebusan.

redemption/penebusan

pembayaran atau pelunasan untuk mendapatkan kembali benda yang dijadikan jaminan.

redress/pemulihan/ganti rugi

perbuatan memulihkan ke keadaan semula, atau mengganti kerugian.

re-export/mengekspor kembali

mengekspor kembali komoditi impor tanpa penambahan proses pengolahan atau tanpa terjadi nilai tambah, biasanya ekspor ulang semacam ini tidak dikenai pajak.

registrasi

suatu kegiatan untuk menentukan kompetensi profesi keahlian dan keterampilan tertentu, orang perseorangan dan badan usaha untuk menentukan izin usaha sesuai klasifikasi dan kualifikasi yang diwujudkan dalam sertifikat.

regres

hak untuk menegur bagi setiap tertarik yang menolak untuk melakukan akseptasi/menolak untuk menyetujui pembayaran wesel tersebut, walaupun hari pembayarannya belum tiba.

regularis

menurut aturan yang telah ditetapkan.

regulation

peraturan, perundang-undangan.

reinsurance/pertanggungan ulang

perbuatan hukum pertanggungan ulang yang dilakukan oleh pihak penanggung, reasuransi.

rekapitalisasi/recapitalization

perbaikan struktur dan/atau perubahan jumlah modal dengan melakukan peningkatan permodalannya; dalam kaitan dengan bank, rekapitalisasi dilakukan dengan jalan meningkatkan kembali permodalan bank sehingga mencapai jumlah minimum yang dipersyaratkan melalui penerbitan saham baru oleh bank, penambahan setoran oleh pemilik, dan pencarian investor baru.

rekayasa laporan keuangan/window dressing

penyajian laporan keuangan yang direkayasa sehingga menggambarkan kondisi keuangan yang lebih baik daripada keadaan sesungguhnya.

rekening bermasalah/skip account

rekening yang pemiliknya (debitur atau pemegang kartu kredit) melakukan wanprestasi, tetapi pemilik rekening itu tidak diketahui keberadaannya.

rekening kas umum daerah

rekening tempat penyimpanan uang daerah yang ditentukan oleh gubernur/bupati/walikota untuk menampung seluruh penerimaan daerah dan membayar seluruh pengeluaran daerah pada bank yang ditetapkan.

rekening kas umum negara

rekening tempat penyimpanan uang negara yang ditentukan oleh menteri keuangan selaku bendahara umum negara untuk menampung seluruh penerimaan negara dan membayar seluruh pengeluaran negara pada bank sentral.

rekening khusus dana kampanye

rekening yang khusus menampung dana kampanye pemilihan umum, yang dipisahkan dari rekening keperluan lain.